tokenerror
Judul Kitab : Tafsir Al Azhar Buya Hamka
Halaman/Hadits Ke : 1
Jumlah Hadits yang dimuat : 14

Ini adalah Halaman Pertama

Pergi ke Halaman/Hadits :

Juz 1

Setengah Abad Tafsir Al Azhar

Dengan mengucapkan kalimat puji-pujian pada Allah, pada edisi ini, yaitu penerbitan pertama Tafsir Al-Azhar pada tahun 2000 atau yang sering di sebut-sebut sebagai Millenium ketiga kami penerbit Pustaka Panjimas, dan segenap ahli waris Buya Hamka menyatakan rasa syukur yang tiada terhingga pada Allah dan terimakasih pada segenap muslimin dan muslimat khususnya para peminat Tafsir Al- Azhar ini.

Bila dihitung-hitung sejak pertama terbitnya tahun 1966, sampai tahun 2000 sekarang, Tafsir Al-Azhar ini *telah berumur sekitar 34 tahun, katakan hampir setengah abad.

Mengenai riwayat Tafsir ini, almarhum secara panjang lebar telah menjelaskan dalam bagian pengantarnya yang berjudul Hikmat Ilahi. Edisi pertama Juz I Tafsir ini di terbitkan oleh penerbit "Pembimbing Masa" di Jakarta. Tapi hanya sampai pada Juz III. Setelah terhenti-nya penerbitan "Pembimbing Masa” itu, diteruskan oleh Yayasan Nurul Islam yang juga penerbit majalah Panji Masyarakat yang dipimpin oleh Buya Hamka sendiri, itupun sampai jilid atau Juz ke-XV. Disamping Pustaka Panjimas yang hanya kebagian menerbit-kan 15 jilid, dari Juz XVI sampai Juz XXX, oleh pengarangnya' diserahkan pada Pustaka Islam Surabaya.

Syukur Alhamdulillah pada tanggal l7 Pebruari 1981, bertepatan dengan hari lahir Almarhum yang ke-73, lengkaplah penerbitan Tafsir Al-Azhar oleh Penerbit Yayasan Nurul Islam (Panji Masyarakat) dan Pustaka Islam.

Suatu upacara sederhana tasyakur atas selesainya penerbitan Tafsir Al-Azhar yang dihadiri oleh para sahabat dan jama'ah Masjid Al-Azhar diselenggarakan di masjid itu. Beberapabulan. sesudah itu tepatnya tanggal 24 Juli 1981 Buya Hamka berpulang ke Rahmatullah akibat serangan jantung.

    © 2014 - 2020
    Aplikasi ini dikoding dan dikembangkan oleh Reza Ervani
    Yayasan Rumah Ilmu Indonesia
    Diperiksa ulang dengan kitab cetak berbahasa arab dan Indonesia (non digital) dari berbagai penerbit
    Digunakan untuk pembelajaran dan arsip internal