Judul Kitab : Tafsir As Sa'di
Halaman Ke : 1
Jumlah yang dimuat : 3

Ini adalah Halaman Pertama

Pergi ke Halaman :

سورة الفاتحة

آية 1

١- ﴿بِسْمِ اللَّهِ﴾ أي: أبتدئ بكل اسم لله تعالى، لأن لفظ ﴿اسم﴾ مفرد مضاف، فيعم جميع الأسماء [الحسنى].

﴿اللَّهِ﴾ هو المألوه المعبود، المستحق لإفراده بالعبادة، لما اتصف به من صفات الألوهية وهي صفات الكمال.

﴿الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾ اسمان دالان على أنه تعالى ذو الرحمة الواسعة العظيمة التي وسعت كل شيء، وعمت كل حي، وكتبها للمتقين المتبعين لأنبيائه ورسله. فهؤلاء لهم الرحمة المطلقة، ومن عداهم فلهم نصيب منها.

واعلم أن من القواعد المتفق عليها بين سلف الأمة وأئمتها، الإيمان بأسماء الله وصفاته، وأحكام الصفات. فيؤمنون مثلا، بأنه رحمن رحيم، ذو الرحمة التي اتصف بها، المتعلقة بالمرحوم. فالنعم كلها، أثر من آثار رحمته، وهكذا في سائر الأسماء. يقال في العليم: إنه عليم ذو علم، يعلم [به] كل شيء، قدير، ذو قدرة يقدر على كل شيء.

Al Fatihah

ayat ke-1

Maksudnya saya memulai dengan setiap nama milik Allah Ta'ala, karena kata (ism) adalah kata tunggal yang disandarkan maka ia meliputi seluruh Asmaul Husna (nama Allah yang baik)

(Allah) adalah yang dituhankan, yang disembah dan yang berhak diesakan dalam ibadah, kaena Dia bersifat dengan sifat dari sifat-sifat ketuhana yaitu sifat-sifat kesempurnaan

(Ar Rahmanur Rahiim) Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang adalah dua nama yang menunjukkan bahwa Allah Ta'ala memiliki kasih yang luas dan besar yang meliputi segala sesuatu dan menyentuh seluruh yang hidup, yang Allah tetapkan bagi orang-orang yang bertaqwa yang mengikuti nabi-nabiNya dan rasul-rasulNya. Mereka itu mendapatkan kasih yang mutlak sedang orang-orang selain mereka hanya mendapatkan sebagian dari kasih itu.

Da ketahuilah bahwa di antara kaidah yang telah disepakati diantara salaf umat ini dan para imam ulama adalah beriman kepada nama-nama Allah dan sifat-sifatNya serta hukum-hukum tentang sifat tersebut. Mereka beriman bahwasanya Dia adalah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang berarti memiliki rahmat dimana Dia bersifat dengannya yang berkaitan dengan hamba-hamba yang dirahmati. Maka nikmat-nimat seluruhnya adalah salah satu bekas dari rahmatNya, dan demikianlah pada seluruh nama-nama Allah.

Dikatakan tentang "Yang Maha Mengetahui" bahwasanya Dia adalah Maha Mengetahui dan memiliki ilmu dimana Dia mengetahui dengannya segala sesuatu. Juga Dia Maha Kuasa yang bahwasanya Dia adalah Kuasa atas segala sesuatu

    © 2014 - 2021
    Aplikasi ini dikoding dan dikembangkan oleh Reza Ervani
    Yayasan Rumah Ilmu Indonesia
    Diperiksa ulang dengan kitab cetak berbahasa arab dan Indonesia (non digital) dari berbagai penerbit
    Digunakan untuk pembelajaran dan arsip internal